dc.description.abstract |
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) kepemimpinan
visioner kepala sekolah terhadap kinerja inovatif guru; (2) lingkungan kerja sekolah
terhadap kinerja inovatif guru; (3) komitmen afektif guru terhadap kinerja inovatif
guru dan (4) kepemimpinan visioner kepala sekolah, lingkungan kerja sekolah dan
komitmen afektif guru secara bersama-sama terhadap kinerja inovatif guru.
Populasi penelitian adalah guru MIS se-Kecamatan Rantau Utara dengan jumlah
sampel sebanyak 53 orang. Metode penelitian jenis penelitian kuantitatif
korelasional dengan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan
pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang berarti antara: (1)
kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja inovatif guru sebesar
0,527; (2) lingkungan kerja sekolah terhadap kinerja inovatif guru sebesar 0,392;
(3) komitmen afektif guru terhadap kinerja inovatif guru sebesar 0,399 dan (4)
kepemimpinan visioner kepala sekolah, lingkungan kerja sekolah, dan komitmen
afektif guru secara bersama-sama terhadap kinerja inovatif guru sebesar 0,659.
Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja
inovatif guru dipengaruhi kepemimpinan visioner kepala sekolah, lingkungan kerja
sekolah dan komitmen afektif guru sebesar 43,4%; sedangkan sisanya sebesar
56,6% ditentukan faktor yang lain. |
en_US |