Research Repository

Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Underachievement Kelas X SMA Negeri 7 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Qarani, Ardila
dc.date.accessioned 2020-03-05T11:06:27Z
dc.date.available 2020-03-05T11:06:27Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2032
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan bidang bimbingan belajar dapat miningkatkan hasil belajar siswa underachievement kelas X SMA Negeri 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 37 siswa, sedangkan objek penelitian ini diambil 6 orang siswa yang mempunyai hasil belajar underachivement. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan. Tes yang digunakan tes mengenai underachievement dalam belajar menggunakan lembar pengisian angket tentang underachievement dalam belajar. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan tindakan bimbingan belajar kepada siswa kelas X SMA Neger 7 Medan dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I peneliti membuka bimbingan belajar dengan pengenalan diri baik oleh peneliti juga oleh para siswa peserta bimbingan belajar, kemudian menjelaskan materi underachievement dalam belajar, kegiatan bimbingan belajar selama 45 menit, kemudian melakukan evaluasi dengan melakukan wawancara, observasi dan mengisi angket yang telah disediakan peneliti. Namun pada siklus I hasil penelitian masih kurang memuaskan maka dilanjutkan pada siklus II dengan melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I. Setelah melakukan tindakan siklus II, peneliti melakukan evaluasi dan menyimpulkan bahwa penerapan bidang bimbingan belajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa underachievement. Hasil belajar siswa underachievement kelas X SMA Negeri 7 Medan mempunyai nilai rata-rata sebesar 52. Kemudian dilakukan peneran bimbingan kelompok pada siklus I dan hasilnya terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 20% yaitu siswa mempunyai nilai rata-rata hasil belajar 72. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II yang hasilnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 36% yaitu didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa underachievement sebesar 88. Penerapan bidang bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa underachievement kelas X SMA Negeri 7 Medan sebesar 36% yaitu dengan diterapkannya bimbingan belajar tersebut nilai rata-rata hasil belajar siswa yang pada awalnya sebesar 52 meningkat sebesar 36% menjadi 88. en_US
dc.subject Bimbingan Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Bidang Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Underachievement Kelas X SMA Negeri 7 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account