dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan bidang
bimbingan belajar dapat miningkatkan hasil belajar siswa underachievement kelas
X SMA Negeri 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 7 Medan yang berjumlah 37 siswa, sedangkan objek penelitian ini diambil
6 orang siswa yang mempunyai hasil belajar underachivement.
Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan. Tes yang digunakan tes
mengenai underachievement dalam belajar menggunakan lembar pengisian angket
tentang underachievement dalam belajar.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan tindakan
bimbingan belajar kepada siswa kelas X SMA Neger 7 Medan dilakukan dengan
dua siklus. Pada siklus I peneliti membuka bimbingan belajar dengan pengenalan
diri baik oleh peneliti juga oleh para siswa peserta bimbingan belajar, kemudian
menjelaskan materi underachievement dalam belajar, kegiatan bimbingan belajar
selama 45 menit, kemudian melakukan evaluasi dengan melakukan wawancara,
observasi dan mengisi angket yang telah disediakan peneliti. Namun pada siklus I
hasil penelitian masih kurang memuaskan maka dilanjutkan pada siklus II dengan
melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peneliti
pada siklus I. Setelah melakukan tindakan siklus II, peneliti melakukan evaluasi
dan menyimpulkan bahwa penerapan bidang bimbingan belajar mampu
meningkatkan hasil belajar siswa underachievement. Hasil belajar siswa
underachievement kelas X SMA Negeri 7 Medan mempunyai nilai rata-rata
sebesar 52. Kemudian dilakukan peneran bimbingan kelompok pada siklus I dan
hasilnya terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 20% yaitu siswa mempunyai
nilai rata-rata hasil belajar 72. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II yang
hasilnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 36% yaitu
didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa underachievement sebesar 88.
Penerapan bidang bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
underachievement kelas X SMA Negeri 7 Medan sebesar 36% yaitu dengan
diterapkannya bimbingan belajar tersebut nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
pada awalnya sebesar 52 meningkat sebesar 36% menjadi 88. |
en_US |