Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana dampak pandemi covid-19
terhadap permintaan sapi potong di CV Pak Gito. 2)Bagaimana strategi pemasaran
sapi potong di CV Pak Gito
Hasil penelitian : 1) Factor internal yang terdapat dilingkungan
perusahaan faktor kekuatan terdiri dari: Mutu ternak yang terjamin. Ketersedian
sarana produksi. Pengalaman Ketersedian tenaga kerja. Manajemen bersifat
kekeluargaan. Tenaga pemasaran Sapi potong kurang handal, Modal usaha yang
minim. 2) Faktor eksternal yang dimiliki oleh perusahaan terdiri dari peluangan
dan ancaman, faktor peluang meliputi: Lokasi, Ketersedian sarana prasarana
penunjang, Hubungan yang baik dengan pedagang, Pasar yang terbuka.
Sedangkan untuk faktor ancaman yang dimiliki perusahaan terdiri dari: Harga
yang fluktuatif , Daya Tawar Pembeli, Produk Inpor, Kondisi ekonomi
masyarakat 3). Bentuk Strategi yang digunakan dalam pemkasaran daging sapi
pada masa pandemi menggunakan Strategi S O (Strength and Opportunities).
Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi
ancaman. Strategi ST menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk
menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.