Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Leverage
dan Sales Growth terhadap Nilai Perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi
investor terhadap perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham. Nilai
perusahaan merupakan indikator penting bagaimana pasar menilai perusahaan
secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan
purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Sampel
yang diperoleh sebanyak 13 perusahaan dengan 40 unit analisis. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM
SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian secara parsial ini adalah Leverage berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif
yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016- 2020 sedangkan Sales
Growth berpengaruh postif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada
perusahaan Sub Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
tahun 2016- 2020. Dan secara simultan Leverage dan Sales Growth berpengaruh
signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang
Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016- 2020.