Abstract:
Berdasarkan hasil observasi peneliti, Kelas XI SMA Negeri 2 Sibolga, masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia terkhusus pada materi cerita pendek hal ini juga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dan mengakibatkan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas belajar siswa kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menerapkan bahan ajar pembelajaran yang menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bahan ajar LKPD berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes.. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji paired simple test dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil pretes test yang telah diperoleh kelas kelas XI SMA Negeri 2 Sibolga dengan nilai rata-rata sebesar 60,13 % dan nilai postes dengan rata-rata 82,44%. Perhitungan uji-t pada posttest thitung (6,719) > ttabel (1,696) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada nilai postes dan pretest. Kenaikan posttest-pretest sebesar 5,020 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima dan sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat peneliti buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh LKPD berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis pendidikan bahasa indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sibolga T.P 2021/2022