dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Pendekatan
Rational Emotive Behaviour Therapy
(REBT
) Untuk Meningkatkan Pengendalian
Diri Siswa efektif atau tidak. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui
penggunaan konseling individual melalui Pendekatan Rational Emotive
Behaviour Therapy
(REBT
) untuk meningkatkan pengendalian diri siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik purposive sample. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, wali kelas, serta siswa yang
terlihat kurang mampu dalam mengendalikan dirinya. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara yaitu dengan
menggunakan layanan konseling individual. Dari hasil analisis data dengan
menggunakan observasi, untuk meningkatkan pengendalian diri pada siswa harus
lebih diarahkan dan dibimbing melalui layanan konseling individual dengan
pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy, bila diperlukan guru bimbingan
dan konseling mengadakan kunjungan rumah. Dengan demikian guru bimbingan
dan konseling perlu meningkatkan pengendalian diri siswa kelas XI di SMA
Laksamana Martadinata Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017, dengan catatan
dilakukan secara teratur sistematis, terarah. Dilihat dari objek penelitian yang
berjumlah 6 siswa, objek penelitian meningkat 70 %, dengan diberikan pengarahan dan
nasihat serta informasi akan menambah siswa cara berfikirnya dalam mengendalikan
dirinya dan dapat meningkatkan pengendalian diri siswa setelah mengikuti layanan
konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy. |
en_US |