Abstract:
Penelitian ini bertujuan menganalisis struktur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mencari data berupa struktur intrinsik yang dialami tokoh utama dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena peneliti dapat memberi gambaran mengenai masalah yang diteliti. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Karena peneliti melakukan kegiatan membaca, menelaah, mencatat, menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan hasil analisis tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa adanya struktur intrinsik berupa : tema, tokoh/penokohan, alur, latar , dan sudut pandang. Adapun nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata barupa: nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya, dan nilai estetika