Research Repository

Pengaruh Angka Kredit Poin Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X SMA Tamansiswa Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Mutuah, Safrizal
dc.date.accessioned 2020-03-05T10:02:12Z
dc.date.available 2020-03-05T10:02:12Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2016
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Angka Kredit Poin Pelangaran Siswa (PPS) di kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 20162017, untuk mengetahui keadan kedisiplinan siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016-2017, serta untuk mengetahui pengaruh penerapan Angka Kredit Point Pelangaran Siswa terhadap sikap kedisiplinan siswa di kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas yaitu Kelas X-1 sampai dengan Kelas X-3 dengan jumlah 113 siswa, sedangkan sampel penelitian ini diambil secara random dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes yang digunakan adalah tes sikap kedisiplinan siswa berupa pengisian angket tentang kedisiplinan siswa. Berdasarkan analisis data, penerapan Angka Kredit Poin Pelangaran Siswa (PPS) di SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017,termasuk dalam kategori Cukup hal ini dapat dibuktikan dengan hasil rekapitulasi nilai skor pelanggaran siswa yang terdapat dalam Buku Skor Pelanggaran Siswa dengan nilai rata-rata pelanggaran siswa sebesar 5,25 yang tergolong Cukup jika dikualifikasikan pada kelas interval pelanggaran siswa. Sedangkan Tingkat kedisiplinan siswa kelas X SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 tergolong Sangat Baik, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan angket kedisiplinan siswa dengan nilai rata-rata sebesar 85,036 yang tergolong Sangat Baik jika dikualifikasikan pada kelas interval tingkat kedisiplinan siswa, serta penerapan angka kredit point pelangaran siswa berpengaruh signifikan sebesar 83,7% terhadap sikap kedisiplinan siswa di SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017, hal ini dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t” dan didapatkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau 10,379 > 1,721 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 26, artinya ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kedisiplinan siswa dengan dilakukannya penerapan skor angka kredit poin di SMA Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017. en_US
dc.subject Angka Kredit Poin en_US
dc.subject Kedisiplinan Siswa en_US
dc.title Pengaruh Angka Kredit Poin Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X SMA Tamansiswa Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account