Research Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POSTER DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066053 CUCAK RAWA I TAHUN AJARAN 2022-2023

Show simple item record

dc.contributor.author FADHILAH, NUR
dc.date.accessioned 2022-12-03T03:03:17Z
dc.date.available 2022-12-03T03:03:17Z
dc.date.issued 2022-12-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20122
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini yaitu untuk pengembangan bahan ajar poster dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 066053 Cucak Rawa I. Untuk mengetahui kevalidan dan ke efektifan bahan ajar poster dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 066053. Prosedur pengembangan bahan ajar poster untuk pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 066053 Cucak Rawa I dikembangkan dengan 4 tahap (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Dsiminate, bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar poster dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 066053 Cucak Rawa I, dari hasil data validasi materi diketahui bahwa bahan ajar poster memperoleh penilaian 73 dengan presentase 92,40% masuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan. Penilaian ahli media setelah melakukan revisi memperoleh penilaian 74 dengan presentase 94,87 %, penilaian ahli bahassa terhadap bahan ajar poster memperoleh penilaian 57 dengan presentase 95% masuk dalam kategori valid dan tidak perlu di revisi. Setelah melakukan validasi dengan para dosen ahli materi, ahli media dan ahli bahasa peneliti melakukan uji coba terhadap 10 orang peserta didik sebagai sampel dalam penilaian angket respon peserta didik memperoleh penilaian 54, 8 dengan presentase 68,5% masuk dalam kategori valid dan tidak perlu melakukan revisi sekaligus layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar. en_US
dc.subject Bahan Ajar Poster en_US
dc.subject Pemberlajaran IPA en_US
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POSTER DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066053 CUCAK RAWA I TAHUN AJARAN 2022-2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account