Research Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA BATIK CETAK MANGROVE DESA TANJUNG REJO

Show simple item record

dc.contributor.author HASANAH, NUR
dc.date.accessioned 2022-12-01T07:45:39Z
dc.date.available 2022-12-01T07:45:39Z
dc.date.issued 2022-12-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20053
dc.description.abstract Potensi batik Indonesia dalam perkembangannya terus tumbuh dan berkembang serta semakin berperan penting sebagai bagian dari kehidupan sosial budaya maupun sebagai suatu usaha industri. Industri Batik Tulis adalah salah satu industri kerajinan tradisional yang diproduksi oleh masyarakat di Kecamatan Tanjung Rejo dan dan terkenal dengan nama “Rumah Batik Mangrouve”. Berdasarkan perumusan masalah yang dijelaskan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Usaha Batik Rumah Batik Mangrouve. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur pengaruh terhadap daya saing usaha adalah, 1) Keunggulan produk, 2) Teknologi Informasi, 3) Inovasi dan juga 3) Jalur distribusi. Masing masing faktor tersebut dinilai berpengaruh efektif terhadap daya saing UMKM Batik Mangrove. Hasil penelitian faktor-faktor yang paling dominan yang dipertimbangkan dalam peningkatan daya saing UMKM Batik Mangrouve di kecamatan Tanjung Rejo Kabupaten Deli Serdang adalah inovasi produk dan kualitas produk dengan adanya peningkatan inovasi produk, kualitas produk dan sumber daya manusia maka tentunya daya saing UMKM batik Gajah Mada akan meningkat ditunjukkan dengan Hal tersebut terlihat dari jumlah penjualan usaha Batik Mangrove Tanjung Rejo yang mengalami peningkatan setiap tahunnya mulai dari 2016 – 2021. Kendala yang dihadapi dalam proses persaingan usaha yang dijalankan UMKM Batik Mangrove diantaranya adalah pesaing yang produksi barangnya sejenis baik dari segi model, warna, bahan yang sama tetapi harganya murah. Dan juga berkurangnya sumber daya manusia dibidang produksi en_US
dc.subject Keunggulan Produk en_US
dc.subject Jalur Distribusi en_US
dc.title FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA BATIK CETAK MANGROVE DESA TANJUNG REJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account