dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan
informasi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X di SMK PAB 1
Helvetia tahun pembelajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan layanan informasi untuk meningkatkan kemandirian
belajar siswa kelas X di SMK PAB 1 Helvetia. Yang menjadi objek penelitian ini
adalah siswa kelas X sebanyak 14 siswa yang kurang memiliki kemandirian
belajar melalui teknik purposive sampling. Dan yang menjadi subjek penelitian ini
adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling dan Wali Kelas.
Instrementasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obervasi,
wawancara dan dokumentasi . teknis analisis data dalam penelitian adalah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan dilakukannya penerapan
layanan informasi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X di SMK
PAB 1 Helvetia Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat membuat siswa lebih
terdorong lebih kuat dalam hal untuk memotivasi dalam perubahan diri peserta
didik untuk meningkatkan kemandirian belajar dan disetiap pertemuannya tampak
perubahan positif dimana siswa semakin bersemangat dan memiliki motivasi.
Dengan demikian layanan informasi dapat memotivasi atau mendorong siswa
dalam meningkatkan kemandirian belajar. |
en_US |