dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran gambar
berseri dan menguji kelayakan media gambar berseri pada pembelajaran bahasa
Indonesia materi keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDS AL WASHLIYAH 25 Medan. Penelitian ini berjenis Research and Development
(R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation) Sugiyono (2017). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator
ahli materi, ahli media serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan
untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang
disusun dalam bentuk cheklist.. Pemerolehan data dari angket kebutuhan guru dan
siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Teknik
analisis data, meliputi analisis data awal, analisis kelayakan media, dan analisis
respons guru dan siswa. Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli
materi, ahli media serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun
dalam bentuk checklist. Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran
gambar berseri dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media
pembelajaran dari ahli media 89,7% dan penilaian dari ahli materi 97,5%. Hasil
uji coba respon peserta didik diperoleh persentase 96,6% dan penilaian uji coba
respon dari guru 88% dengan kategori sangat praktis untuk digunakan pada proses
pembelajaran Bahasa Indonesia. |
en_US |