Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Pendekatan
Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas IX
MTs. Insan Cita Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif
dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa/siswi MTs. Insan Cita berjumlah 40 siswa. Objek yang diteliti adalah
Penggunaan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Cerita
Pendek. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji
Statistic T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum
diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu 3,375
dengan standar deviasion 5,236 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000
maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan
terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest