Research Repository

ANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT SERBUK ALUMINIUM

Show simple item record

dc.contributor.author LUBIS, SAINUL ARIFIN
dc.date.accessioned 2022-12-01T02:20:41Z
dc.date.available 2022-12-01T02:20:41Z
dc.date.issued 2022-12-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19966
dc.description.abstract Pemanfaatan limbah sisa proses pembubutan atau biasa disebut bram di perbengkelan industri manufactur. Dari adanya sisa proses pembubutan yaitu bram menghasilkan sebuah ide, salah satunya ialah dengan menggunakan sisa serbuk aluminium sebagai bahan pengisi komposit dalam pembuatan kampas rem sepeda motor matic Honda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keausan kampas rem berbahan komposit serbuk aluminium yang menggunakan variasi bahan serbuk aluminium yang berbeda agar mendapatkan tingkat keausan yang paling kecil. Bahan yang digunakan untuk membuat kampas rem berbahan komposit ini adalah, serbuk aluminium, serbuk barium sulfat, serbuk kalsium karbonat, serbuk grafit/arang, aerosol fiberglass, resin dan katalis sebagai pengikat nya. Proses pembuatan dilakukan dengan mencampurkan semua bahan sesuai komposisi yang telah ditentukan, setelah itu melalui proses kompaksi atau penekanan selama 30 menit dengan gaya sebesar 2000kgf kemudian memasuki proses sintering atau pemanasan selama 30 menit. Pengujian untuk mengetahui tingkat keuasan dilakukan dengan menggunakan alat Brake Dynamometer, dengan gaya beban pengereman 500gr, 1000gr, dan 1500gr dari hasil pengujian dapat dihasilkan kampas rem no.3 dengan massa 5 gram serbuk aluminium memiliki tingkat keausan paling kecil dengan beban pengereman minimum, menghasilkan nilai keausan 0,607x10-7 g / mm .det ik 2 dan, nilai keausan 0,729x10-7 g / mm .det ik 2 pada beban pengereman maximum. Sedangkan kampas rem yang tingkat keausannya paling besar adalah kampas rem no.2 dengan massa 4 gram serbuk aluminium dengan pembebanan minimum menghasilkan nilai keausan 1,093x10-7 g / mm .det ik 2 dan nilai keausan 1,700x10-7 g / mm .det ik 2 pada beban pengereman maximum. Dan jika sudah memenuhi karakteristik akan dibuat kampas rem yang terbaik dalam bentuk yang lebih baik. en_US
dc.subject Kampas Rem en_US
dc.subject Brake Dynamometer en_US
dc.title ANALISIS KEAUSAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT SERBUK ALUMINIUM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account