dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil observasi peneliti, Kelas XII IPS SMA Rahmat Islamiyah
Medan. masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran
Ekonomi terkhusus pada materi Persamaan Dasar Akuntansi hal ini juga
berdampak terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dan mengakibatkan
siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran sehingga membuat aktivitas
belajar siswa kurang optimal. Guru sebagai pendidik masih kurang menerapkan
model pembelajaran yang menyenangkan menjadikan siswa kurang responsif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran discovery learning terhadap Motivasi belajar siswa kelas XII IPS
SMA Rahmat Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan tes.. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji paired
simple test dengan uji beda. Hasil dari penelitian ini, yaitu: bahwa dari hasil pretes
test yang telah diperoleh kelas kelas XII IPS SMA Rahmat Islamiyah Medan
dengan nilai rata-rata sebesar 79.02 % dan nilai kelas control dengan rata-rata
72,50%. Perhitungan uji-t pada posttest thitung (3,215) > ttabel (1,992) yang artinya
terdapat perbedaan rata-rata pada nilai Eksperimen dan Kontrol. Sig. (2 tailed)
sebesar 0,002<0,05. Maka (Ho) ditolak dan (H1) diterima. Dengan demikian dapat
peneliti buat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran
discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan akuntansi siswa kelas XII
SMA Rahmat Islamiyah Medan T.P 2021/2022 |
en_US |