Research Repository

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS AL-WASHLIYAH PANCUR BATU

Show simple item record

dc.contributor.author AGUSTINA, DWI
dc.date.accessioned 2022-11-26T04:27:42Z
dc.date.available 2022-11-26T04:27:42Z
dc.date.issued 2022-11-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19860
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, yang disebabkan karena kurang tepatnya guru dalam memilih strategi pembelajaran yang digunakan, sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh pada saat proses pembelajaran berlangsung yang membuat hasil belajar siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada siswa MTs Al-Washliyah Pancur Batu sebanyak 25 orang diambil dengan teknik quasi exsprimental design atau non random sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas VII MTs Al-Washliyah Pancur Batu. Strategi pembelajaran Synergetic Teaching (pembelajaran bersinergi) adalah strategi pembelajaran yang menggabungkan dua acara belajar yang berbeda. Dimana strategi ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara membandingkan catatan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh hasil dari korelasi product moment adalah rxy = 0,838 yang berari ada korelasi yang cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa kelas VII di MTs Al-Washliyah Pancur Batu diterima. Persentase kenaikan nilai adalah 83,8% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulannya adalah pengaruh yang siginifikan penerapan strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi shalat jama’ qashar. en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Synergetic Teaching en_US
dc.subject Hasil Belajar Fiqih en_US
dc.title IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MTS AL-WASHLIYAH PANCUR BATU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account