dc.contributor.author |
NASUTION, KHALIFAHTUSYA’DIAH |
|
dc.date.accessioned |
2022-11-25T08:40:22Z |
|
dc.date.available |
2022-11-25T08:40:22Z |
|
dc.date.issued |
2022-11-25 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19826 |
|
dc.description.abstract |
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut:“Bagaimanapendekatan
saintifik siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD
Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan?”Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kreativitas Belajar
Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri
107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan.Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pada siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan
Percut Sei Tuan Medan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 50 siswa. Sampel yang
digunakan adalah untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri
dari 25 siswa. Dari hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada bab-bab
sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan saintifik siswa
pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 107402
Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan sudah cukup baik. Siswa sudah terbiasa untuk
menggunakan sains di dalam kegiatan belajar. Kreativitas Belajar Siswa pada
Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis
Kecamatan Percut Sei Tuan sudah semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari
semakin kreatifnya siswa dalam mempelajari IPA dalam materi sifat-sifat cahaya.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendekatan saintifik (X)
terhadap variabel kreativitas belajar siswa (Y), artinya bahwa ada pengaruh atau
hubungan yang searah antara pendekatan saintifik terhadap kreativitas belajar
siswa secara nyata.Jadi, sekolah harus memperhatikan implikasi antara variable
pendekatan saintifik terhadap kreativitas belajar siswa. |
en_US |
dc.subject |
Pendekatan Saintifik |
en_US |
dc.subject |
Kreativitas Belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |