Research Repository

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Show simple item record

dc.contributor.author NASUTION, KHALIFAHTUSYA’DIAH
dc.date.accessioned 2022-11-25T08:40:22Z
dc.date.available 2022-11-25T08:40:22Z
dc.date.issued 2022-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19826
dc.description.abstract Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut:“Bagaimanapendekatan saintifik siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan?”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pada siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Medan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 50 siswa. Sampel yang digunakan adalah untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri dari 25 siswa. Dari hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan saintifik siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan sudah cukup baik. Siswa sudah terbiasa untuk menggunakan sains di dalam kegiatan belajar. Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan sudah semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin kreatifnya siswa dalam mempelajari IPA dalam materi sifat-sifat cahaya. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendekatan saintifik (X) terhadap variabel kreativitas belajar siswa (Y), artinya bahwa ada pengaruh atau hubungan yang searah antara pendekatan saintifik terhadap kreativitas belajar siswa secara nyata.Jadi, sekolah harus memperhatikan implikasi antara variable pendekatan saintifik terhadap kreativitas belajar siswa. en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Kreativitas Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS KECAMATAN PERCUT SEI TUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account