Research Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Afrillia, Rika
dc.date.accessioned 2022-11-24T08:13:27Z
dc.date.available 2022-11-24T08:13:27Z
dc.date.issued 2022-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19782
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMP Muhammdiyah 57 Medan, serta kurangnya partisipasi para guru dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga dapat membuat para siswa merasa bosan dalam suasana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan beralamat Jl. Mustafa No.1, Glugur Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 68 orang. Ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol (45,59)dan kelas eksperimen (83,52), dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode role playing lebih tinggi disbanding nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu kelas konvensional. Kemudian dari nilai hasil uji t di peroleh thitung > ttabel , sehingga (7,086 > 1,987) dapat disimpulkan bahwa “Ada perbedaan penggunaan metode role playing dengan kelas konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Muhammadiyah 57 Medan. Dilihat rata-ratanya menggunakan metode role playing. Maka, ada pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. karena thitung > ttabel, ada perbedaan penggunaan metode role playing dengan kelas kontrol. Maka, dapat disimpulkan ada pengaruh. en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Role playing en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account