dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola saluran pemasaran produk SERENDY 28 WP PT. Nufarm di Kabupaten Langkat dan tingkat efisiensi pemasaran produk SERENDY 28 WP PT. Nufarm Kabupaten Langkat . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah margin pemasaran dan efisiensi digunakan perhitungan dengan rumus Mpi=Hji-Hbi, biaya pemasaran,keuntungan dan efisiensi pemasaran dengan kaidah keputusan 0 – 33% = efisien, 34 – 67% = kurang efisien dan 68 – 100%= tidak efisien. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran SARENDY 28WP terdapat tiga pola saluran pemasaran, yaitu saluran I Produsen – Konsumen, saluran II Produsen –Distributor- Konsumen, saluran III Produsen- Distributor-Pedagang- Pengecer-Konsumen. Pada saluran pemasaran I dengan efisiensi pemasarannya sebesar 0,5%. Saluran pemasaran II efisiensi pemasaran sebesar 1,3% dan pada saluran pemasaran III efisiensi pemasaran sebesar 2%. Ketiga saluran pemasaran menjual SARENDY 28WP ke konsumen akhir sebesar Rp 35.000 dengan marjin pemasaran sebesar Rp 15.050. |
en_US |