Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 106789 TANJUNG GUSTA

Show simple item record

dc.contributor.author SUPRIYATI, ANNISYA
dc.date.accessioned 2022-11-24T03:33:07Z
dc.date.available 2022-11-24T03:33:07Z
dc.date.issued 2022-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19712
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Lokasi penelitian ini berada di SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. waktu penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 16 dan siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa, hal ini dapat dibuktikan karena pada hasil analisis uji t (independendent t test) di dapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya model picture and picture berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Negeri 106789 Tanjung Gusta. Pada hasil analisis data dan mengenai kemampuan menulis cerita pendek siswa dalam pembelajaran diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture (posttest) nilai rata-rata siswa tanpa diberikan perlakuan (pretest) kelas eksperimen adalah 65,18. Sedangkan pada posttest kelas ekperimen adalah 84,87. Untuk pada kelas kontrol nilai rata-rata (mean) pada pretest yaitu 62,92 sedangkan pada nilai rata-rata (mean) pada posttest 74,6. Maka dapat disimpulkan kelompok siswa yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture. en_US
dc.subject model pembelajaran picture and picture en_US
dc.subject kemampuan menulis Cerita pendek en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 106789 TANJUNG GUSTA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account