dc.description.abstract |
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi pemasaran PT Auto
2000 Medan Binjai dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19 dan
mengetahui hambatan yang dihadapi PT Auto 2000 Medan Binjai dalam menerapkan pola
komunikasi pemasaran untuk peningkatan penjualan di masa pandemi Covid-19
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini
adalah Customer relation coordinator (CRC), Service Advisor, Sales Executive, dan dua
orang Customer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan obsevasi,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan Pola Komunikasi yang terjadi antara bagian pelayanan
seperti CRC, Service Advisor dan Sales dengan pelanggan di Auto 2000 Medan Binjai
adalah pola transaksional, di mana komunikasi terjadi secara dua arah dan terdapat
pertukaran pesan antara komunikator dan juga komunikan. Kedua belah pihak dalam hal ini
yaitu bagian pelayanan dan pelanggan dapat menjadi komunikator dan komunikan,
diharapkan dapat melahirkan kesepahaman di antara kedua belah pihak, komunikasi akan
terus berlangsung hingga pelanggan mengerti dengan yang disampaikan oleh bagian
pelayanan dan juga merasa puas dengan informasi yang mereka peroleh sehingga mereka
nantinya akan mempercayakan kendaran mereka kepada pihak Auto 2000 Medan.
Hambatan komunikasi pemasaran yang muncul selama masa Pandemi Covid-19
memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap bentuk komunikasi yang dilakukannya
terhadap pelanggan. Hambatan dan masalah yang muncul bersifat variatif mulai dari: a)
Hambatan teknis seperti ketersediaan fasilitas komunikasi, peralatan, teknologi, dan
jaringan yang dibutuhkan, b) Hambatan semantik terkait dengan penggunaan bahasa dan
pemahaman dari penerima informasi yang berbeda dengan maksud dari pengirim informasi.
Sehingga terjadi miscommunication c) Hambatan manusiawi, bahwa setiap orang miliki
latar belakang, usia, pendidikan, dan pengalaman masing-masing. |
en_US |