Research Repository

ANALISIS KONTRIBUSI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XII AK SMK PAB 3 MEDAN TA. 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.author AMELIA, FAHRIZA
dc.date.accessioned 2022-11-22T01:56:32Z
dc.date.available 2022-11-22T01:56:32Z
dc.date.issued 2022-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19548
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi pendekatan cognitive behavior theraphy dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku bullying siswa kelas XII-AK SMK Persatuan Amal Bakti 3 Medan TA. 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi dengan melihat perubahan data penelitian antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XII kemudian teknik penarikan sampel menggunakan purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan model skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen perilaku karakter sikap bullying sebesar 0,911. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan besarnya hasil uji hipotesis dengan uji wilcoxon diperoleh luaran sebesar 2.807b dengan nilai Asymp.Sig. = 0,005 (2-tailed) lebih kecil dari < 0.005, maka Ha diterima. Disini Terdapat 10 data positif (N) yang artinya 10 siswa mengalami penurunan prilaku bullying dari nilai Pre Test ke nilai Post Test. Mean Rank atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 5,50, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of Ranks adalah sebesar 55,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan cognitive behavior theraphy dalam bimbingan kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap turunnya perilaku bullying siswa SMK Persatuan Amal Bakti 3 Medan TA. 2021/2022. en_US
dc.subject ognitive behavior theraphy en_US
dc.subject perilaku bullying en_US
dc.title ANALISIS KONTRIBUSI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPHY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XII AK SMK PAB 3 MEDAN TA. 2021/2022 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account