dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar cabai merah di
Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir melalui pendekatan struktur
perilaku dan kinerja pasar dan juga untuk mengetahui pemasaran cabai merah di
Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batu Bara. Lokasi
penelitian ini dilaksanakan di Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir
Kabupaten Batu Bara. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus
(case study) yaitu penelitian yang digunakan dengan melihat langsung
permasalahan yang timbul di daerah penelitian. Sampel dalam penelitian ini yaitu
berjumlah 22 petani, 8 pedagang pengumpul, dan 7 pedagang pengecer. Metode
penelitian yang digunakan adalah struktur pasar yang dianalisis dengan market
share, konsentrasi pasar, hambatan keluar masuk pasar, dan jenis pasar; perilaku
pasar yang dianalisis dengan 7P yaitu Product, price place, Promotion, Proces,
People, serta Physical Evidence dan kinerja pemasaran yang dianalisis dengan
margin pemasaran, farmer share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pasar bersifat oligopoli, Petani merupakan penerima harga.
Margin pada pemasaran tersebut adalah Rp.20.000. Farmer share (bagian yang
diterima Petani) yaitu berjumlah 44,44%. Efesiensi pemasaran yaitu berjumlah
31,6%. |
en_US |