Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi siswa
kelas X SMA Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dengan
menggunakan uji paired simple test dengan uji beda. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap
kemampuan menulis teks narasi dengan Perhitungan uji-t pada posttest thitung
(48,836) > ttabel (2,052) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada nilai postes
dan pretest. Kenaikan pretest-posttest sebesar 11% yang berarti hipotesis kerja
(Ha) dalam penelitian ini diterima dan sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media film animasi pendek
terhadap kemampuan menulis teks narasi ( cerita imajinasi ) siswa kelas X SMA
Swasta Rahmat Islamiyah Medan T.P 2021/2022.