Research Repository

Efektivitas Pendekatan Terapi Rasional Emotif untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VII SMP HASANUDDIN

Show simple item record

dc.contributor.author Puspita, Junia
dc.date.accessioned 2020-03-04T13:43:13Z
dc.date.available 2020-03-04T13:43:13Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1950
dc.description.abstract Pendekatan Terapi Rasional Emotif merupakan suatu terapi yang digunakan oleh seorang ahli dalam hal ini konselor untuk membantu peserta didik yang irasional menjadi rasional. Sikap Sosial adalah kesadaran individu yang menentukan perbuatan nyata untuk bertingkahlaku dengan cara tertentu terhadap orang lain dan mementingkan tujuan-tujuan sosial dari pada tujuan pribadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini di dasarkan pada kenyataan bahwa sikap sosial akhir – akhir ini cenderung semakin menurun terutama dikalangan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP HASANUDDIN Tahun Ajaran 2016/2017, yang berlamat di Jl.Amal Luhur No.54 Medan. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas terapi rasional emotif untuk meningkatkan sikap sosial kelas VII SMP HASANUDDIN. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial anak dalam hubungan sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek dan sampel penelitian adalah: siswa kelas VII. Pengambilan data dilakukan selama dua minggu yakni pada bulan Januari 2017, dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi. Berdasarkan hasil data dan interpretasi data yang peneliti laukan dapat disimpulkan: Terapi rasional emotif dengan layanan konseling individual adalah solusi yang paling efektiv dalam menangani siswa yang mengalami sikap sosial siswa, karena mengingat masalah tersebut memang harus diperlukan perhatian yang khusus dan mendalam, dan untuk melakukan hal tersebut harus dilakukan kegiatan konseling (konseling individual). en_US
dc.subject Terapi Rasioanal Emotif en_US
dc.subject Meningkatkan Sikap Sosial en_US
dc.title Efektivitas Pendekatan Terapi Rasional Emotif untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Kelas VII SMP HASANUDDIN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account