dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Media Kit Matematika
Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa
kelas V SD Karya Bhakti II Helvetia Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan dalam
kegiatan penerapan Media Kit Matematika Dalam Pembelajaran Matematika guru
memberikan penjelasan tentang pengertian pecahan, bentuk-bentuk pecahan dan
penjumlahan pecahan. Pecahan adalah bilangan yang disajikan a/b, dimana
bilangan disebut pembilang sedangkan bilangan b disebut penyebut. Pecahan
memiliki banyak macam yaitu pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan
desimal, dan pecahan persen.. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok, 1
kelompok terdiri dari 7 siswa. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan
terhadap siswa kelas V SD Swasta Karya Bhakti II Helvetia dapat disimpulkan bahwa
penggunaan alat peraga papan berpetak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
SD Swasta Karya Bhakti II Helvetia, hal ini dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar
pada siklus I 72,57%. dan pada siklus II 80% dengan selisih 82,61%. |
en_US |