Research Repository

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author OKTAVIANI, DEA
dc.date.accessioned 2022-11-16T04:41:14Z
dc.date.available 2022-11-16T04:41:14Z
dc.date.issued 2022-11-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19495
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah ada pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan ? 2) berapa besar kah pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes uraian dengan materi SPLDV.Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis dan uji koefisiensi determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian dan uji satsitik dengan menggunakan software batuan SPSS version 25 diketahui dengan uji hipotesis mendapatkan nilai Sig. untuk pengaruh variabel kemandirian belajar siswa (X) terhadap variabel hasil belajar matematika siswa (Y) adalah sebesar 0,004 < 0,05 atau nilai sig yakni 0,004 lebih kecil dari 0,05, dan t hitung mendapatkan nilai sebesar 1,961 > t tabel 1,697 atau nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarakan haisl uji koefisiensi determinasi R Square mendapatakan nilai sebesar 0,130, hal tersebut memiliki makna bahwasanya kemampuan variabel independen yakni kemandirian belajar siswa (X1) mempengaruhi variabel hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan (Y) adalah sebesar 13,0% en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.title PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account