Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media
pemebalajaran berbasis youtube dengan menggunakan metode hypnoteaching
terhadap motivasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas XI di SMA Islam Plus Adzkia Medan dan MAN 1 Medan. Sampel
dari penelitian ini adalah satu kelas dari SMA Islam Plus Adzkia Medan dan satu
kelas dari MAN 1 Medan. Kedua kelas diberi perlakuan sama tanpa ada
perbedadan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis validasi para ahli, analisis respon siswa, uji normalitas
dan uji-t dengan bantuan SPSS 27. Pada uji validasi para ahli diperoleh nilai
kevalidan 91,96 %. Analisis respon siswa untuk motivasi diperoleh 92,72% untuk
siswa SMA Islam Plus Adzkia Medan dan 93,12% untuk siswa MAN 1 Medan.
Pada uji normalitas seluruh nilai p > 0,05 maka disimpulkan data berdistribusi
normal. Pada uji-t berpasangan pada siswa SMA Islam Plus Adzkia adalah p =
0,000 < 0,05, maka disimpulkan penggunaan media signifikan mempengaruhi nilai
pada siswa SMA Islam Plus Adzkia Medan dan hasil uji t berpasangan pada siswa
MAN 1 Medan adalah p = 0,000 < 0,05, maka disimpulkan penggunaan media
signifikan mempengaruhi nilai pada siswa MAN 1 Medan. Oleh karena itu terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran YouTube
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Islam Plus
Adzkia Medan dan MAN 1 Medan dan adanya pengaruh terhadap peningkatan
motivasi belajar siswa SMA Islam Plus Adzkia Medan dan MAN 1 Medan dengan
menggunakan metode hypnoteaching.