Abstract:
Pendahuluan: Selama merebaknya pandemi Virus COVID-19 pada awal tahun 2020 ini, seluruh aktivitas masyarakat ditiadakan sementara dan hanya boleh beraktivitas dari rumah saja. Sehingga seluruh aktivitas pendidikan dilaksanakan melalui daring. Tentunya hal ini berdampak besar terhadap sistem pembelajaran mahasiswa kedokteran yang kebanyakan menggunakan praktik tatap muka seperti keterampilan klinik dasar serta pelaksanaan OSCE. Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan data cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa FK UMSU angkatan 2017 dan 2018. Uji yang digunakan pada penelitian yaitu uji beda dua proporsi (z test). Hasil: Berdasarkan hasil perhitungan z test menggunakan aplikasi excel dijumpai z hitung sebesar 0,252 dengan z alfa sebesar 1,644 maka h0 gagal ditolak sehingga tidak terdapat perbedaan hasil ujian OSCE sebelum pembelajaran daring pada angkatan 2017 dan sesudah pembelajaran daring pada angkatan 2018 di FK UMSU.