Research Repository

PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEAKTIFANBELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SDN 101910 PASAR MIRING

Show simple item record

dc.contributor.author FHADILLAH, MAYA NURUL
dc.date.accessioned 2022-11-10T07:29:45Z
dc.date.available 2022-11-10T07:29:45Z
dc.date.issued 2022-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19407
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Rumusan masalah pada penelitan ini yaitu apakah ada pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 101910 Pasar Miring. Batasan masalah pada penelitian ini yaitu penggunaan media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 101910 Pasar Miring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 101910 Pasar Miring yang berjumlah 40 siswa. Instrumen pada penelitian ini yakni Lembar observasi keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu menggunakan excel, sedangkan untuk mencari hubungan dua variabel menggunakan rumus korelasi product moment dengan melakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitan ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan berupa media video animasi dengan kelas yang tidak diberi perlakuan media video animasi. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai Thitung = 2,361 dan selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan (dk= n1+n2-2) (dk= 20+20-2 = 38), maka diperoleh harga ttabel = 1,685. Dengan formulasi perbandingan yaitu Thitung = 2,361 > Ttabel=1,685. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor kelas V SDN 101910 Pasar Miring. en_US
dc.subject Media video animasi en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEAKTIFANBELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SDN 101910 PASAR MIRING en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account