Research Repository

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DI KELAS IV SDN 101910 PASAR MIRING

Show simple item record

dc.contributor.author Andini, Ananda Sari
dc.date.accessioned 2022-11-10T07:21:07Z
dc.date.available 2022-11-10T07:21:07Z
dc.date.issued 2022-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19402
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan membaca puisi di kelas IV SDN 101910 Pasar Miring. Batasan masalah dalam peneltian ini yaitu keterampilan membaca puisi di kelas IV B SDN 101910 Pasar Miring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap keterampilan membaca puisi di kelas IV SDN 101910 Pasar Miring. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca mengenai keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media audio visual. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 101910 Pasar Miring yang berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini di lakukan pada bulan Mei 2022 di SDN 101910 Pasar Miring. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling sensus. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu performance test dan expert validity. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan melakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan media audio visual dan tanpa penggunaan media audio visual. Berdasarkan nilai signifikan korelasi product moment yang diperoleh sebesar 0,999 yang apabila dilihat dari pedoman pemberian interpretasi koefisien korelasi maka tingkat hubungannya sangat kuat. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat diperoleh harga thitung 111,750 dan selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan (dk= n1+n2-2) (dk= 20+20-2 = 38), maka diperoleh harga ttabel = 1,685. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thitung > ttabel (111,750 > 1,685), dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis Ha pada penelitian diterima, yang berarti adanya pengaruh media audio visual terhadap keterampilan membaca puisi di kelas IV SDN 101910 Pasar Miring. en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Puisi en_US
dc.title PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DI KELAS IV SDN 101910 PASAR MIRING en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account