dc.description.abstract |
Adapun permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah mengenai
Penerapan Pendekatan Gestalt Untuk Meningkatkan Kematangan Emosional
Siswa Kelas VIII Di SMP PAB 3 Saintis Tahun Pembelajaran 2016/2017,
berdasarkan hasil penelitian dan observasi yang peneliti lakukan terlihat masih
ada beberapa siswa yang kurang memiliki kematangan emosional. Siswa yang
kurang memiliki kematangan emosional yakni siswa yang terlihat sulit
mengendalikan emosionalnya, emosionalnya tidak stabil. Masih ada siswa yang
kurang memahami bimbingan dan konseling yang ada di sekolah, terutama
pendekatan gestalt, kurangnya pelaksanaan bimbingan dan konseling terutama
pelaksanaan pendekatan gestalt di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Penerapan Pendekatan Gestalt Untuk Meningkatkan Kematangan
Emosional Siswa Kelas VIII di SMP PAB 3 Saintis Tahun Pembelajaran
2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PAB 3
Saintis yang berjumlah sebanyak delapan orang siswa. Adapun instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi yang sesuai dengan penerapan pendekatan gestalt untuk
meningkatkan kematangan emosional. Adapun teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa
Penerapan Pendekatan Gestalt Untuk Meningkatkan Kematangan Emosional
Siswa sudah diterapkan seiring dengan adanya perubahan sikap siswa yang
terlihat dari meningkatnya jumlah presentase perubahan yang terjadi berkisar
antara 75% sampai 85% untuk meningkatkan kematangan emosional. Dengan
adanya pendekatan tersebut siswa yang mengalami masalah dalam kematangan
emosional sudah mulai mampu untuk meningkatkan kematangan emosional
khususnya pada kelas VIII SMP PAB 3 Saintis Tahun Pembelajaran 2016/2017. |
en_US |