Research Repository

EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author IKRAM, MUAMMAR
dc.date.accessioned 2022-11-10T04:08:56Z
dc.date.available 2022-11-10T04:08:56Z
dc.date.issued 2022-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19379
dc.description.abstract Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran open ended pada materi segiempat dan segitiga di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Terpadu 3 dan kelas VII Terpadu 4 yang memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 32 siswa. Kelas VII Terpadu 3 menggunakan model pembelajaran open-ended dan kelas VII Terpadu 4 menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu uji perbedaan dua rata-rata pada data pretest, postest dan N-Gain dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS 23. Pada uji perbedaan dua rata-rata data pretest diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,935 > 0,05 yang membuktikan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Oleh karena itu, rata-rata awal kelas eksperimen maupun kelas kontrol ditunjukkan sama. Pada uji perbedaan dua rata rata data posttestt diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, terlihat jelas bahwa terdapat perbedaan rata rata akhir kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pada uji perbedaan rata-rata N-Gain diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, terdapat kemajuan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Diperoleh kesimpulan model pembelajaran open-ended lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada kemampuan berpikir kritis terkhususnya materi segiempat dan segitiga. en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis en_US
dc.title EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account