dc.description.abstract |
Permasalahan terbentuk dengan baik, masih banyak siswa yang tidak mampu mengontrol
dirinya, sering terlambat datang kesekolah, tidak mampu mengarahkan dirinya sendiri, tidak
mampu belajar dengan efektif, dan seringnya mengalami kejenuhan belajar. Siswa sering
mengalami kejenuhan dalam belajar yakni ketidak berhasilan siswa dalam mencapai proses
belajar mengajar yang efektif. Kurang optimalnya pelaksanaan bimbingan dan konseling
terutama pelaksanaan pendekatan client centered theraphy disekolah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan client centered theraphy untuk mengatasi
kejenuhan belajar siswa- siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan tahun pembelajaran
2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan
yang berjumlah sebanyak 3 orang. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan pendekatan client
centered theraphy untuk mengatasi kejenuhan belajar. Adapun teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan mengambil
kesimpulan. Dengan dilakukannya penerapan layanan konseling individual telah berhasil
mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 9 Medan Tahun
Pembelajaran. Hasilnya telah mencapai target 75% siswa mampu mengurangi kejenuhan belajar. |
en_US |