dc.description.abstract |
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor yang penting dalam
meningkatkan kinerja guru di sekolah. Sebagai pemimpin, kepala sekolah harus
mampu membuat peraturan, program kerja, melakukan monitoring dan evaluasi
terhadap pelaksanaan program tersebut. Kepala Sekolah juga wajib menciptakan
suasana kerja yang kompetitif dengan memberikan reward sebagai motivasi
kepada para guru dalam melaksanakan tugas mereka. Kepala Sekolah harus
menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi para guru, dengan komunikasi
dua arah, tidak menciptakan jarak antara pimpinan dan bawahan, tetapi
menganggap para guru adalah bagian dari mitra kerja yang memiliki peranan
penting untuk mencapai tujuan sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hubungan
tugas kepala sekolah dengan guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMP
Negeri 6 Tebing Tinggi? 2) Bagaimanakah hubungan kesejawatan kepala sekolah
dengan guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi?
3) Bagaimana efektivitas perilaku tugas dan hubungan bawahan dalam
meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 6?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara yang dilakukan
oleh peneliti dengan beberapa narasumber (Kepala sekolah dan Guru). Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Tebing
Tinggi dinilai cukup berhasil untuk meningkatkan kinerja para guru dan pegawai
sekolah dalam menyelesaikan tugas mereka. Kepala Sekolah SMP Negeri 6
Tebing Tinggi mampu menjalankan tugasnya dalam memberdayakan sumber daya
sekolah dengan mengedepankan kedisiplinan, melakukan koordinasi tugas kepada
bawahan, dan melakukan monitoring serta evaluasi terhadap kebijakan, peraturan,
program kerja yang telah dirancang. 2) Kinerja para guru dan pegawai sekolah
SMP Negeri 6 Tebing Tinggi dinilai baik. Hal ini tidak lepas dari peran kepala
sekolah yang dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman. 3) Dinilai adanya
kerjasama yang baik antara kepala sekolah sebagai atasan, guru siswa dan komite
sekolah dalam melaksanakan tugas, menjunjung rasa tanggung jawab |
en_US |