dc.description.abstract |
Layanan Konseling Individual dalam Bimbingan dan Konseling adalah
proses bantuan yang diberikan konselor kepada individu melalui tatap muka (face
to face) untuk memecahkan masalah yang dialami individu dalam belajar. Tujuan
dilakukannya layanan konseling individual adalah: 1) untuk mengetahui
pelaksanaan layanan konseling individual siswa SMP Negeri 29 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui penerapan layanan konseling
individual untuk meningkatkan budi pekerti siswa SMP Negeri 29 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Untuk menjawab suatu pertanyaan maka penulis
mengambil lokasi SMP Negeri 29 Medan yang menjadi subjek penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, wali kelas, guru bidang
study sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
yang berjumlah 4 orang siswa dengan menggunakan Purposive Sampling,
Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,
mengambil kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi,
peningkatan budi pekerti yang telah dicapai dengan penerapan layanan konseling
individual yaitu 70-80%. Dengan demikian penggunaan layanan konseling
individual dapat meningkatkan budi pekerti siswa kelas VII di SMP Negeri 29
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari observasi
peneliti kepada siswa setelah dilaksanakannya layanan konseling individual. |
en_US |