Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS PAB 1 HELVETIA

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHPUTRI, NOVITA
dc.date.accessioned 2022-11-05T04:09:50Z
dc.date.available 2022-11-05T04:09:50Z
dc.date.issued 2022-11-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19316
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian dilaksanakan di MTs PAB 1 Helvetia dengan kelas VIII-B sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan one group pretest posttest design. Siswa diberi tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,6875 dan rata-rata nila posttest sebesar 8,0938. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai sebesar , dengan nilai pada taraf signifikan 0,05 yaitu sebesar 1,694, maka ( ) ( ) Nilai indeks gain sebesar 0,71678 diinterpretasikan kedalam kriteria nilai hasil tersebut menunjukkan bahwa indeks gain dalam kategori tinggi. Hasil observasi yang diisi oleh guru juga memperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori baik sekali.Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa dimana terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dan aktivitas siswa yang cukup aktif selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. en_US
dc.subject Belajar Matematika en_US
dc.subject model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS PAB 1 HELVETIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account