Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa, 2)
aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay
Two Stray. Penelitian dilaksanakan di MTs PAB 1 Helvetia dengan kelas VIII-B
sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan one group pretest posttest
design. Siswa diberi tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk
mengukur aktivitas siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar
49,6875 dan rata-rata nila posttest sebesar 8,0938. Hasil uji hipotesis yang dilakukan
menunjukkan bahwa nilai sebesar , dengan nilai pada taraf
signifikan 0,05 yaitu sebesar 1,694, maka ( ) ( ) Nilai
indeks gain sebesar 0,71678 diinterpretasikan kedalam kriteria nilai hasil
tersebut menunjukkan bahwa indeks gain dalam kategori tinggi. Hasil observasi yang
diisi oleh guru juga memperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori baik
sekali.Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika
siswa dimana terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar setelah diajarkan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dan aktivitas
siswa yang cukup aktif selama proses pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.