Research Repository

Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Kekerasan Verbal Kelas X SMK PAB 1 Helvetia Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Lia
dc.date.accessioned 2020-03-04T12:02:30Z
dc.date.available 2020-03-04T12:02:30Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1925
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan ceramah untuk menguragi perilaku kekerasan verbal siswa kelas X SMK PAB 1 Helvetia. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi tiga puluh pernyataan yang terdiri dari angket kekerasan verbal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yaitu untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen (bimbingan kelompok) dengan kelompok kontrol (ceramah). Hasil analisis dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata (mean) sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dari 75,10 menjadi sebesar 101,20. Selisih pencapaian peningkatan kecakapan siswa dalam mengurangi perilaku kekerasan verbal mencapai 26,1 point. Perbedaan tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji beda antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yang dilakukan dengan teknik Wilcoxon Signed Rank Test yang memberikan hasil Z = -2,807 dan Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,005 Asymp Sig sebesar 0,005. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan yang menunjukkan efektivitas layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kecakapan siswa dalam mengurangi perilaku kekerasan verbal. Sedangkan ceramah, rata-rata (mean) sebelum diberikan ceramah dari 61,40 menjadi sebesar 78,80. Selisih pencapaian peningkatan kecakapan siswa dalam mengurangi perilaku kekerasan verbal mencapai 17.4 point. Perbedaan tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji beda antara pretest dan posttest kelompok kontrol yang dilakukan dengan teknik Wilcoxon Signed Rank Test yang memberikan hasil Z = -2,803 dan Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,005 sedangkan Tolak Ho dan terima Hi, bila probabilitas (Asymp Sig < alpha ( α = 0,05) berarti terdapat perbedaan yang menunjukkan kegiatan ceramah yang bukan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kecakapan siswa dalam mengurangi perilaku kekerasan verbal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas layanan bimbingan kelompok menunjukkan hasil yang sangat berarti dalam meningkatkan kecakapan siswa dalam mengurangi perilaku kekerasan verbal, tetapi kegiatan seperti ceramah juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecakapan siswa walaupun efektivitasnya lebih baik melalui bimbingan kelompok. en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi en_US
dc.subject Perilaku Kekerasan Verbal en_US
dc.title Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Kekerasan Verbal Kelas X SMK PAB 1 Helvetia Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account