Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dua penanda kesantunan menurut
Leech dan fungsi kesantunan menurut Rahardi berdasarkan konteks pembelajaran
bahasa Indonesia di SMA Swasta Kartika 1-2 Medan kelas X. Subjek penelitian
ini adalah guru dan siswa yang melakukan interaksi belajar mengajar di kelas X
IPS SMA Swasta Kartika 1 - 2 Medan. Jenis penelitian ini secara teknis kualitatif.
Teknik pengumpulan data penelitian ini dibagi menjadi teknik mendengarkan
bebas percakapan, teknik observasi, dan teknik merekam. Teknik pengumpulan
data digunakan peneliti untuk memperoleh data yang lengkap mengenai penanda
dan fungsi kesantunan. Kemudian, menurut Kunjana Rahardi, data diidentifikasi
dan dianalisis menggunakan prinsip kesantunan Leech dan fungsi kesantunan
berbahasa. Berdasarkan hasil analisis data tuturan, peneliti menemukan lima
penanda kesantunan berbahasa, yaitu , (1). Maksim Kebijaksanaan, (2). Maksim
Kedermawanan (3). Maksim Penghargaan, (4). Maksim Permufakatan atau
Kecocokan, (5). Maksim Kesimpatisan. Selain mencari penanda kesantunan,
peneliti juga menemukan empat fungsi kesantunan berbahasa, yaitu, (1). Fungsi
Berbicara, (2). Fungsi Bertanya, (3). Fungsi Memerintahkan, (4). Fungsi
Kekaguman.