Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi atas asumsi bahwa peningkatan dormant
account dapat memberikan citra buruk bagi bank. Sehingga, hal ini perlu adanya
strategi yang di berikan guna mengurangi angka peningkatan dormant account.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penyelesaian
rekening dormant pada PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Ahmad Yani
Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif dengan
melihat fenomena yang ada sekarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data menggunakan Dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif dimana
analisis yang dilakukan tentang fenomena yang ada sekarang bersifat memberi
gambaran reflektif atau komparatif. Teknik keabsahan data menggunakan metode
kredibilitas, Komfirmabilitas, dan defedabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan whastapp blast dan calling dalam
menyelesaikan masalah dormant account pada PT. Bank Syariah Indonesia
Kantor Cabang Ahmad Yani Medan didapatkan bahwa dari kedua program yang
paling sering digunakan para pegawai adalah melalui calling karena dapat
merasakan keluhan nasabah terhadapt bank dan dapat mengevaluasi solusi apa
yang dapat di berikan kepada nasabah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa program penyelesaian dormant account melalui
whatsapp blast dan calling cukup memberikan mamfaat bagi kedua belah pihak
ketika nasabah mengakatifkan kembali rekening dormant maka, nasabah akan
mendapatkan promo dan cashback sedangkan untuk bank akan mendapatkan
keuntungan dari segi dana pihak ketiga (DPK).