dc.description.abstract |
YouTube merupakan salah satu media yang digunakan untuk
menyampaikan suatu pesan atau gagasan-gagasan. Penelitian ini merupakan
analisis berita tentang minyak goreng di Indonesia yang bersumber dari YouTube
dengan Channel KompasTv dengan sub tittle “Mengendus Bau Mafia Minyak
Goreng”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dari kelangkaan
dan kenaikan harga minyak goreng dan siapakah mafia dibalik langkanya minyak
goreng. Penelitian ini menggunakan teori yang relevan dan juga berkaitan dengan
Komunikasi, Komunikasi Massa, YouTube, Representasi, Kelangkaan Kenaikan
Harga Minyak Goreng dan Mafia, Semiotika, dan Analisis Charles Sanders
Peirce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif dan juga menggunkan studi analisis semiotika.
Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis video YouTube Aiman
“Mengendus Bau Mafia Minyak Goreng” ini adalah metode analisis semiotika
Charles Sanders Peirce, yaitu hubungan tanda yang dilihat berdasarkan persamaan
(kesamaan) antara unsur-unsur yang diacu yang biasanya disebut dengan ikon,
indeks dan symbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelangkaan dan
kenaikan harga minyak goreng disebabkan karena adanya pengexporan CPO ke
luar Negeri, penimbunan minyak goreng dan indikasi-indikasi lainnya, yang
dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atau disebut dengan
mafia. Bagi channel Youtube yang dikelola KompasTv terutama pada Program
Aiman, agar dapat lebih up to date dalam memberikan informasi yang terjadi di
tengah masyarakat.Bagi masyarakat, agar tidak mengambil keutungan dalam
permasalahan yang terjadi di masyarakat untuk keuntungan pribadi. |
en_US |