dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kualitas
pelayanan dari dimensi bukti fisik, reabilitas, responsif, jaminan dan empati pada
Mahasiswa Fakultas EkonomiDan Bisnis Universitas MuhammadiyahSumatera
Utara. Pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dan
komperatif. Untuk menentukan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik
nonprobability sampling dengan metode accidental sampling dengan karakteristik
penelitian yaitu sebanyak 363 responden 184 respoonden untuk pengguna e-wallet
OVO dan 179 responden untuk pengguna e-wallet GoPay. Teknik dalam
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner (angket) dan studi pustaka.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji statistik Independent Sample
Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kepuasan
pengguna OVO dan GoPay pada dimensi bukti fisik, reabilitas, responsif, jaminan
dan empati. E-wallet muncul menawarkan lebih banyak kemudahan dengan
teknologi terkini yang dapat diakses oleh semua kalangan. Akses terhadap internet
telah dapat dinikmati hampir di setiap kalangan di seluruh penjuru negeri. Hal ini
merupakan peluang yang sangat menjanjikan di era industri 4.0 bagi industri
perbankan. Meskipun pembayaran tunai masih dilakukan, preferensi pembayaran
dengan sistem digital sedang populer dan e-wallets adalah satu di antaranya yang
berpotensi besar di pasar e-commerce. E-commerce dan e-money menjadi partner
yang kuat dalam industry |
en_US |