Research Repository

PENGARUH PEMANFAATAN PEMBELAJARAN SPREADSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.author HANDAYANI, PUTRI
dc.date.accessioned 2022-11-03T07:13:11Z
dc.date.available 2022-11-03T07:13:11Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19167
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Tritech Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Pembelajaran Spreadsheet Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas X SMK Tritech Informatika Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika yang beralamat di Jl. Bhayangkara No. 484 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa akuntansi kelas X yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini total sampling dengan jenis kelas yang terdiri dari satu kelas. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan pembelajaran spreadsheet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan persamaan regresi linear sederhana diperoleh bahwa Y = 5,573 + 1,063. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linear untuk Pembelajaran Spreadsheet, maka akan terjadi peningkatan sebesar 1,063. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan program spss dengan taraf α=0,05, sehingga diperoleh nilai thitung sebesar 7,020 dengan ttabel sebesar 1,710. Maka hipotesis Ha diterima. Berdasarkan perhitungan uji determinasi besarnya R square adalah 0,783 = 78,3%. Artinya besar pengaruh variabel pembelajaran spreadsheet terhadap variabel hasil belajar adalah 78,3% dan data variabel lain yang mempengaruhi variabel hasil belajar adalah 21,7% (100% - 78,3% = 21,7%). en_US
dc.subject Pemanfaatan Pembelajaran Spreadsheet en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PEMANFAATAN PEMBELAJARAN SPREADSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account