dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
kelas X SMK Tritech Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Pemanfaatan Pembelajaran Spreadsheet Terhadap Hasil Belajar Siswa
Akuntansi Kelas X SMK Tritech Informatika Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika yang beralamat di
Jl. Bhayangkara No. 484 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa akuntansi kelas X yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 24 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini total sampling
dengan jenis kelas yang terdiri dari satu kelas. Instrumen penelitian dengan
menggunakan tes tertulis berbentuk uraian, yang terlebih dahulu diuji validitas
dan reliabilitasnya.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan
pembelajaran spreadsheet berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan persamaan regresi linear
sederhana diperoleh bahwa Y = 5,573 + 1,063. Ini menunjukkan bahwa setiap
peningkatan persamaan regresi linear untuk Pembelajaran Spreadsheet, maka akan
terjadi peningkatan sebesar 1,063. Hipotesis penelitian ini diuji dengan
menggunakan program spss dengan taraf α=0,05, sehingga diperoleh nilai thitung
sebesar 7,020 dengan ttabel sebesar 1,710. Maka hipotesis Ha diterima.
Berdasarkan perhitungan uji determinasi besarnya R square adalah 0,783 =
78,3%. Artinya besar pengaruh variabel pembelajaran spreadsheet terhadap
variabel hasil belajar adalah 78,3% dan data variabel lain yang mempengaruhi
variabel hasil belajar adalah 21,7% (100% - 78,3% = 21,7%). |
en_US |