Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah ada pengaruh model
Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar
Medan. (2) berapa persen pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap
hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan. Tujuan penelitian ini
adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a
Match terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Swasta Harapan. (2) untuk
mengetahui berapa persen pengaruh model make a match terhadap hasil belajar
siswa SMP Harapan Mekar Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas Eksperimen sebagai kelas VII A dan kelas kontrol sebagai
kelas VII B Di SMP Harapan Mekar Medan yang berjumlah 20 orang kelas
Eksperimen dimana terdapat 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan serta kelas
Kontrol yang berjumlah 20 orang dengan 7 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian menggunakan dua kelas. Instrument penelitian ini menggunakan essay
tes tentang Himpunan. Teknik penggumpulan data menggunakan tes awal
(pretest) dan tes akhir (posttest). Teknis analisis data menggunakan uji normalitas.
Uji hipotesis digunakan untuk uji t dan uji determinan dan hasil penelitian
menggunakan uji-t sampel tidak berpasangan menggunakan SPSS 22 yang
menghasilkan signifikansi 0,000<0,05, sehingga terbukti bahwa diterima
ditolak. Dan hasil uji determinan yang dilakukan diperoleh sebesar 36,23%.
Maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran Make a
Match terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan
adalah sebesar 4,877%.