Abstract:
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model
pembelajaran Knisley untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika di MTs‟Aisyiyah Sumatera Utara dan seberapa berpengaruhnya
model pembelajaran knisley dalam meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika . Peneliti memilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas
kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 25 orang . Metode yang
digunakan peneliti adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yang berjumlah 5 butir soal.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs „Aisyiyah Sumatera Utara di kelas VIII.
Berdasarkan hasil yang diperoleh berdasarkan tes hasil perhitungan uji hipotesis
terdapat hasil thitung = 5,46 pada taraf signifkan = 0,005 dan dk= n1 + n2 - 2 =
25 +25-2 = 48, maka diperoleh ttabel = 1,677. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel = 5,46 > 1,677 yang artinya Ha diterima dan
H0 ditolak. Diperoleh uji determinasi sebesar 5,29% sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 5,29%.