dc.description.abstract |
Guru sebagai komponen utama dan sangat penting dalam pendidikan serta
sebagai penentu berhasil tidaknya pencapaian tujuan dalam proses
pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat merupakan hal yang
harus diperhatikan oleh guru. Dengan hal ini maka dilakukan penelitian tentang
penerapan metode Concept Map. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu
bagaimana hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik sebelum
menggunakan metode Concept Map, bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran menggunakan metode Concept Map, bagaimana hasil belajar
pendidikan agama islam siswa sesudah menggunakan metode Concept Map pada
kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Tujuan umum dari penelitian
ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 16
Lubuk Pakam dengan menggunakan metode Concept Map. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus.
Prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar peserta didik.
Secara keseluruhan, hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Concept Map
berdasarkan hasil data yang diperoleh, memperlihatkan pada siklus I hasil
belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 71,11 (48,14%) dan terdapat
peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 82,22 (85,18%).
Pembelajaran dengan menggunakan metode Concept Map terjadi perubahan
yang nyata terhadap hasil belajar peserta didik. |
en_US |