Research Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AMALUL IKHLAS

Show simple item record

dc.contributor.author IHDA, ROBIATUL
dc.date.accessioned 2022-11-03T02:24:09Z
dc.date.available 2022-11-03T02:24:09Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19092
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ,Untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model ekspositori dan model pembelajaran flipped classroom dan Apakah model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs Amalul Ikhlas .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Amalul Ikhlas yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 54 siswa . Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling jenuh . Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VII A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII B berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol.Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas ekseperimen adalah 46,296 , sedangkan rata rata pre-test pada kelas kontrol adalah 46,48148. Dari Hasil post-test diperoleh rata rata nilai pada kelas eksperimen adalah 80,741 sedangkan rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 66,6667. Dari analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen , nilai 𝐿0 pre-test = 0,096 dan nilai 𝐿0 post-test = 0,130 .Sedangkan untuk kelas kontrol nilai 𝐿0 pre-test = 0,111 dan nilai 𝐿0 post-test =0,119 . Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung ( 1,047 ) < Ftabel ( 1,929) . Untuk uji homogenitas pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,108) < Ftabel (1,929). Hasil analisis deskriptif data dan indeks gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa rata rata indeks gain kelas eksperimen adalah 0,7 dan kelas kontrol adalah 0,4. Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh thitung (5,281) > ttabel (2,006) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori dan model pembelajaran Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model Flipped Classroom en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AMALUL IKHLAS en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account