Research Repository

PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA PTPN 4 MAYANG

Show simple item record

dc.contributor.author SITUMORANG, RADIKA
dc.date.accessioned 2022-11-03T02:21:24Z
dc.date.available 2022-11-03T02:21:24Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian dengan materi SPLDV. Teknik pengumpulan data menggunakan test awal (pre-test) dan test akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample t test) menggunaan SPSS Statistics 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, juga menggunakan perhitungan manual thitung > ttabel dengan df = n-1, yaitu 37,158 > 2,056 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari uji hipotes bahwa hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari metode sebelumnya. en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Metode Tutor Sebaya en_US
dc.title PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA PTPN 4 MAYANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account