Abstract:
Seorang anak dalam berkomunikasi membutuhkan kemampuan yang didapatkan
melalui proses pemerolehan bahasa. Proses setiap anak pun berbeda-beda oleh karena itu penelitian ini penting untuk melihat sejauh mana seorang anak yang
menjadi objek dalam penelitian ini mendapatkan pemerolehan bahasanya. Adapun
tujuan dari penelitian ini ialah peneliti ingin melihat pemerolehan bahasa dalam bidang sintaksis terhadap anak usia 6 tahun yang bernama Rizky Ramadhan. Sumber
data yang menjadi objek penelitian ini yakni tuturan atau ucapan lisan anak usia 6
tahun yang bernama Rizky Ramadhan dalam bidang sintaksis. Metode iyang
digunakan dalam penelitian ini iyaitu dengan penelitian deskriptif dengan analisis
data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian
ini menggunakan teknik simak, wawancara dan juga rekam. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa anak berusia 6 tahun bernama Rizky sudah mampu
menghasilkan kata maupun kalimat dalam setiap kegiatannya. Hal itu dapat
dibuktikan dari tuturannya sehari-hari dengan lawan tuturnya yaitu peneliti, ibu
kandung, dan juga sudara anak tersebut. Teori yang digunakan dalam menganalisis
tuturan Rizky yaitu merujuk pada Abdul Chaer tentang klasifikasi kalimat yang
meliputi kalimat berita (deklaratif), ikalimat itanya i(interogatif), ikalimat iperintah
i(imperatif), idan ikalimat iseru (interjektif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Rizky sudah mampu mengujarkan kalimat deklaratif sebanyak 22 kalimat, kalimat
interogatif sebanyak 15 kalimat, kalimat imperatif sebanyak 9 kalimat, dan kalimat
interogatif sebanyak 8 kalimat. Adapun simpulan yang dapat peneliti ambil melalui
penelitian ini yaitu Rizky sudah mampu menghasilkan bentuk-bentuk kalimat seperti
yang tertera idi hasil.